Month: July 2017

Leave a reply

Agar Tak Menyesal Masuk Sekolah Pilot

Pilot termasuk salah satu profesi yang semakin populer. Dari seragamnya terlihat keren, begitu pula dengan keuangannya. Sebagai gambaran, umumnya pilot yang baru selesai pendidikan dan bekerja di maskapai penerbangan memperoleh gaji kurang lebih 20 juta rupiah. Penghasilan tersebut tentu akan lebih besar ketika jabatan meningkat dan jam terbang bertambah. Menjadi pilot memang sangat diimpi-impikan oleh banyak orang. Namun, untuk mencapai profesi tersebut penting menimbangnya dengan baik-baik. Tidak sedikit siswa dan orang tua yang menyesal masuk sekolah pilot tapi justru menimbulkan kekecewaan dan kesedihan. Agar hal ini tidak terjadi pula kepada Anda atau putra putri yang ingin menjadi pilot, amati pembahasan di bawah ini:

Pilih sekolah yang benar-benar tepat untuk masa depan

Sekolah pilot dikatakan sebagai salah satu bentuk investasi masa depan. Bagaimana tidak, biaya masuk sekolah pilot sampai di akhir pendidikan tidaklah sedikit, sekitar 800 ratus juta rupiah. Kalau pendidikan hanya dijalani tanpa keseriusan misalnya melanggar peraturan yang ditetapkan sekolah atau juga mengabaikan semua materi yang diberikan oleh instruktur, tentu tidak mendapat bekal pengetahuan yang maksimal seputar penerbangan. Bagaimana mungkin bisa menjadi lulusan yang berkulitas kalau pendidikan saja tidak dapat diikuti dengan sebaik-baiknya.

Di samping pendidikan yang dijalani, ada hal lain yang juga tak boleh diabaikan yakni reputasi sekolah itu sendiri. Penting untuk memilih sekolah yang benar-benar tepat dan mempunyai dukungan untuk mencetak pilot handal, misalnya dari segi fasilitas, jumlah instruktur, lisensi, dan lain sebagainya. Pilih sekolah yang punya program terbaik agar pendidikan dapat dijalani dengan semangat yang tinggi dan bisa lulus tepat pada waktunya. Ingin menjadi lulusan yang profesional tapi tanpa dukungan yang baik dari pihak sekolah tentu tidak bisa. Untuk itu, pastikan keadaan sekolah menjanjikan untuk dijadikan sebagai tempat pendidikan agar tidak rugi dengan keluarnya biaya besar.

Sesuaikan bidang dengan minat dan bakat yang dimiliki

Masuk sekolah penerbangan sebaiknya dipertimbangkan lagi jika hanya ingin dicapai karena gengsi. Profesi pilot bukan sembarang pekerjaan, akan tetapi membutuhkan bakat atau keahlian terbang yang benar-benar mendukung untuk menjadi seorang pilot yang handal. Kalau takut ketinggian, tentu sulit mengejar jam terbang seperti yang telah direncanakan sebelumnya. Bagaimana bisa bekerja di maskapai dengan jam terbang tinggi dan dengan keadaan cuaca yang gelap kalau berlatih terbang dengan pesawat latih saja mental cetek. Tentunya tidak ada maskapai yang ingin mempekerjakan pilot dengan keberanian dan keahlian terbang belum menjanjikan. Akhirnya bisa menjadi pengangguran kalau sebuah bidang ditekuni tanpa sesuai dengan minat dan bakat yang dimiliki.

Pertimbangkan konsekuensi yang bakal diterima

Pekerjaan sebagai pilot memang termasuk menjanjikan dan menggiurkan. Namun, sangat penuh dengan konsekuensi salah satunya mempertaruhkan nyawa. Saat latihan terbang pun bisa merenggut nyawa cadet pilot jika terjadi kecelakaan pesawat. Harapan untuk meniti karir dalam dunia penerbangan bisa punah ketika insiden tersebut. Jangankan untuk mengganti biaya pendidikan yang sudah dikeluarkan, bekerja di airline pun belum tentu tercapai jika mengalami cacat atau kehilangan nyawa. Oleh karena itulah seragam tidak boleh jadi incaran tapi perlu pertimbangan lagi dengan konsekuensi yang bakal diterima.

Sekolah pilot menjadi tempat pada cader dalam mengenyam ilmu baik dalam hal teori maupun latihan terbang. Setelah lulus, dengan bekal yang diperoleh pilot membuat para lulusan dapat bertekun di dunia kerja. Semoga uraian di atas dapat menjadi panduan bagi Anda yang ingin berprofesi sebagai penerbang profesional dan kompeten.